Gempa Madinah, Tanda Dajjal Keluar Dari Persembunyiannya?

oleh -1.518 views

Foto tersebut bukan di Madinah, melainkan di pantai Laut Mati, Israel. Bukan karena gempa melainkan karena penyusutan Laut Mati pada tahun 2015. Gempa yang ada di artikel itu adalah gempa yang terjadi di Madinah pada Januari 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Sahabat Al Quran (fb.com/Akusahabatalquran) mengunggah sebuah artikel berjudul “Madinah Dilanda Gempa, Apakah Tanda Dajjal Sudah Keluar Dari Persembunyiannya?” yang dimuat di situs ayatayat-cintaallah[dot]blogspot.com.

Berikut sebagian isi artikel tersebut;
“madinah dilanda gempa, dajjal sudah keluar dari persembunyiannya? ]
gempa berkekuatan 2, 5 skala richter menyerang sebelah barat madinah kemarin, 16 januari 2018. tetapi getaran gempa yang lemah, tidak menimbulkan kehancuran serupa dilaporkan khaleej times
pusat gempa terletak hampir 14 km dari barat laut madinah, dengan kedalaman 7 km. juru bicara pertahanan sipil madinah, kolonel khaled Al johani berkata gempa terjalin dekat jam 3 sore waktu setempat.
sedangkan itu pakar meteorologi dan juga area, tariq aba al – khail berkata getaran gempa lemah dan juga tidak beresiko. getaran kecil, terangnya, terjalin dari waktu ke waktu di madinah.”

Selengkapnya di https://perma.cc/QL9P-YP3R (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan dengan menggunakan kata kunci “Madinah Dilanda Gempa” dan “gempa berkekuatan 2, 5 skala richter menyerang sebelah barat madinah kemarin, 16 januari 2018”, memang benar gempa terjadi di Madinah.

Gempa pertama terjadi pada Selasa malam (16/01/2018) atau Rabu dini hari waktu Indonesia dengan kekuatan 2,5 Skala Richter.

Dikutip dari Arab News, pejabat Kota Madinah mengkonfirmasi adanya gempa tersebut. Beruntung, tidak ada laporan terkait kerusakan akibat gempa.

Pusat gempa diketahui berada di 14 kilometer arah barat daya Madinah. Pusat gempa ada di bawah tanah dengan kedalaman 7 kilometer.

Sempat tenang, gempa kembali terjadi sebanyak dua kali pada Rabu waktu setempat. Kekuatan gempa hanya sekitar 0,75 hingga 0,95 magnitude.

Direktur Umum Pusat Gempa Bumi dan Gunung Berapi Nasional pada Lembaga Survei Geologi Saudi, Hani Zahran, mengatakan getaran yang muncul merupakan gempa susulan. Dia mengatakan masyarakat tidak perlu panik karena gempa tergolong lemah.

Juru bicara Otoritas Umum Perlindungan Metereologi Saudi, Tariq Aba Al Khail, mengatakan gempa yang terjadi tidak berbahaya. Dia menambahkan gempa ringan memang sering melanda sejumlah wilayah Saudi, termasuk Madinah.

Namun, foto yang dimuat di artikel tersebut bukanlah foto dampak akibat gempa yang terjadi pada 16 Januari 2018 di Madinah tersebut.

Foto tersebut adalah dampak dari menyusutnya Laut Mati, Israel pada tahun 2015. Mengeringnya Laut Mati diikuti amblesnya tanah-tanah di sekitar. Alhasil, lubang-lubang rakasasa pun bermunculan. Bahkan ada yang berukuran seluas lapangan basket dan dalamnya sama dengan tinggi bangunan dua tingkat.

Amblesnya tanah menyebabkan banyak bangunan rusak. Bahkan ada yang ambruk ditelan Bumi. Jalanan rusak karena tanahnya retak-retak.

Tanah di sekitar Laut Mati diprediksi akan berhenti ambles apabila danau tersebut kembali terisi air. Untuk memulihkan kondisi itu, diperlukan kerjasama internasional, karena letak Laut mati berada di perbatasan Yordania dan Tepi Barat.

Faktor utama yang menyebabkan mengeringnya Laut Mati adalah sumber air alami, yang mengalir ke selatan melalui lembah sungai Yordania dari Suriah dan Lebanon, banyak digunakan untuk pertanian dan industri air minum.

REFERENSI :
https://www.dream.co.id/news/madinah-digoyang-gempa-berkelanjutan-180118m.html
https://www.republika.co.id/berita/jurnal-haji/berita-jurnal-haji/18/01/17/p2oiku335-semalam-madinah-diguncang-gempa
https://www.reuters.com/article/us-israel-deadsea-sinkholes/shrinking-dead-sea-leaves-trail-of-perilous-sinkholes-idUSKCN0Q31AZ20150729
https://www.dream.co.id/news/fenomena-mengerikan-di-laut-mati-150730i.html
https://www.antaranews.com/berita/509603/laut-mati-menyusut-menyisakan-lubang-lubang-berbahaya

Adi Syafitrah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *