Kabar Duka, Ciputra Meninggal Dunia

oleh -331 views

JAKARTA-Indonesia kehilangan salah satu putra terbaik. Ciputra meninggal dunia pada usia 88 tahun di Singapura dini hari tadi, Rabu (27/11/2019) pukul 01.05 waktu setempat. 

Pria yang kerap disapa Pak Cik ini lahir di Parigi, Sulawesi Tengah pada 24 Agustus 1931. Dia dikenal sebagai salah satu raja properti di Indonesia yang merintis karier sebagai arsitek. Ini terlihat dari gelar Ir. di belakang nama lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu. 

Ciputra muda mengawali kariernya di perusahaan properti Jaya Group, BUMD milik DKI Jakarta. Di sana, dia bekerja hingga usia 65 tahun dan menduduki kursi direksi.

Saat di Jaya Group, dia juga nyambi dengan membentuk perusahaan properti bersama Soedono Salim, Budi Berasal, Soedwikatmono, dan Ibrahim Risjad. Perusahaan itu diberi nama Metropolitan Group dengan portofolio properti di antaranya kompleks perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai (BSD). 

Selain itu, Ciputra juga mendirikan perusahaan keluarga dengan nama Ciputra Group. Perusahaan tersebut memiliki bisnis inti real estat, baik residensial maupun komersial. Kendati demikian, Ciputra Group juga merambah bidang agen properti (Century21), kesehatan (Ciputra Hospital, Ciputra Medical Center), asuransi (Ciputra Life), dan pendidikan (Universitas Ciputra). 

Untuk residensial, Ciputra Group lewat PT Ciputra Development Tbk bersama rekan bisnisnya membangun belasan proyek skala kota (township) di berbagai daerah, bahkan luar negeri dengan brand Citra. Di antaranya Citra Raya Cikupa, Citra Garden Puri, dan Citra Land Surabaya. Di bidang komersial, Ciputra tercatat membangun sejumlah pusat perbelanjaan. Di antaranya Lotte Mart Kuningan City dan Ciputra Mall. 

Selain bergerak di bidang bisnis, Ciputra juga aktif di bidang sosial dan budaya. Dia mendorong munculnya banyak pengusaha baru di Tanah Air lewat program Ciputra Entrepreneurship. Dia juga dikenal gemar dengan karya seni dengan membuka Ciputra Arthropoda Gallery, Museum, and Theater di Lotte Mart Kuningan City. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *