Anis Baswedan Kenakan Baju Dinas di Reuni 212, Kemendagri: Masa Pakai Gamis?

oleh -288 views
Anies Baswedan di atas panggung acara Reuni 212. Foto: Ricardo/JPNN.com

JAKARTA-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyampaikan bahwa kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dengan mengenakan baju dinas ke Reuni 212, bukan hal yang salah. 

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik, Anies, hadir dalam kapasitasnya sebagai kepala daerah pada acara yang diselenggarakan dihari kerja.

“Dia (Anies) diundang kapasitasnya sebagai apa? Gubernur kan? Ya boleh dong (memakai baju dinas). Masa iya dia pakai gamis?,” ujar Akmal, Senin, 2 Desember 2019.

Akmal menyampaikan, Anies tetap mengikuti aturan dengan mengenakan baju dinas ke Reuni 212. Aturan, yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 6 Tahun 2016 yang menentukan penggunaan baju dinas di lingkungan Kemendagri dan pemerintah-pemerintah daerah.

“(Sudah diatur) dalam pedoman pakaian dinas pusat dan daerah itu tentang (penggunaan) pakaian dinas. Diatur juga penggunaan di jam kerja atau di luar jam kerja,” ujar Akmal.

Akmal juga mengemukakan, Kemendagri tidak melihat kedatangan Anies ke Reuni 212 sebagai hal yang salah.

pun sempat memiliki asosiasi dengan politik, Reuni 212 tetap merupakan kegiatan masyarakat yang sekadar mengundang Anies sebagai kepala daerah Jakarta.

“Dia (Anies) kan diundang sebagai gubernur. Kita tidak pernah mengikat (kepala daerah hanya boleh mengikuti) kegiatan a atau b. Lagipula dia hadir di acara di daerahnya sendiri,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Anies hadir pada reuni akbar 212 yang digelar di Silang Monas, Jakarta, Senin pagi, 2 Desember 2019.

Anies tiba mengenai pakaian dinas Pemerintah Provinsi Jakarta dan peci. Ia  langsung naik ke atas panggung. 

Dilansir dari VIVAnews, Anies naik panggung langsung disambut para peserta reuni yang sudah berada di lokasi sejak dini hari.

Selain Anies, tampak Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dan Wakil Ketua MPR yang juga politikus PKS Hidayat Nur Wahid.

Sesaat Anies hadir, panitia Reuni 212 terlebih dulu mengajak para peserta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kehadiran Anies pun seakan menjadi tamu spesial lantaran mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu disebut dengan panggilan ‘Gubernur Indonesia’.

“Selamat datang Bapak Anies Baswedan, Gubernur Indonesia,” ujar pembawa acara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *