Anies Baswedan Dinobatkan Jadi Gubernur Terbaik Dunia?

oleh -1.364 views

JAKARTA-Sebuah akun facebook bernama Almukor Robin mengunggah sebuah foto yang isinya berupa informasi bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dinobatkan menjadi Gubernur terbaik di dunia.

Dalam narasinya, “Dikelilingi oleh para pemimpin terbaik dunia, pak Anis biasa2 aja mendapatkan prestasi demi prestasi, diam namun berkarya, klo yg lain itu banyak bacot aja, kerja nol besar.”

“DR. Anies Rasyid Baswedan dinobatkan mnjadi Gubernur terbaik dunia. Rakyat Indonesia patut bangga masih ada figur pemimpin terbaik di Indonesia,” seperti dikutip dari turnbackhoax.id, Kamis (23/1/2020).

Setelah ditelusuri, melalui teknik reverse image ditemukan artikel SINDOnews.com dengan foto identik yang dibagikan akun Almukor Robin. Dalam artikel tersebut berjudul “Hebat..! Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Wali Kota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019”.

Artikel ini menjelaskan bahwa Wali Kota Jambi Syarif Fasha termasuk dalam 74 pemimpin kota terpilih yang diundang dalam pertemuanWorld Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019 yang berlangsung di Medellin, Kolombia, dari tanggal 10 hingga 14 Juli 2019 lalu.

Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan, Wali Kota Jambi Syarif Fasha selain akan mengikuti diskusi tentang permasalahan penataan kawasan perkotaan, climate change dan isu global lainnya juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan para pemimpin kota dunia lainnya.

Foto identik dengan angle berbeda juga pernah dimuat bontangpost.id pada Rabu, 24 Juli 2019, melalui artikel berjudul “Wali Kota Neni Diundang ke Kolombia, Dipilih karena Berkualitas, Satu-satunya dari Indonesia Timur”.

Ada lima pemimpin kota di Indonesia yang diundang dalam forum tersebut. Yakni Surabaya, Jakarta, Jambi, Semarang, dan Bontang. Tak hanya Anies yang mewakili Indonesia.

World Cities Summit adalah rangkaian konferensi internasional tentang pemerintahan publik yang efektif dan pengembangan kota yang berkelanjutan. Pertemuan ini menyatukan praktisi dan pembuat kebijakan serta para ahli terkemuka di bidangnya agar dapat mengidentifikasi solusi inovatif untuk tantangan terberat yang dihadapi kota.

Peserta di WCSMF terdiri dari 74 wali kota dan gubernur terpilih, yang akan berbagi pandangan dan pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan perkotaan dan membawa perbaikan dalam kondisi kehidupan perkotaan. Pada forum itu, tidak ada prosesi penobatan gubernur terbaik di dunia.

Sementara itu, seperti yang diwartakan CNBCIndonesia.com melalui artikel berjudul “Jadi Kota Terbaik di Dunia, Anies: Alhamdulillah!”, Anies sempat membuat unggahan melalui akun resmi Facebook miliknya, bahwa Jakarta diakui sebagai satu dari tiga kota terbaik dunia pada Kamis 27 Juni 2019. Apresiasi ini diberikan untuk perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota.

Anies membeberkan, predikat ini diperoleh pada ajang Sustainable Transport Award yang tahun ini diselenggarakan di Forteleza, Brazil. Ini membuktikan Jakarta diakui sehingga mendapatkan pengakuan dari lembaga kredibel tingkat dunia, bukan lewat banyak-banyakan voting di media sosial.

Dalam ajang itu, Jakarta masuk ke posisi tiga besar bersama Pune (India), dan Kigali (Rwanda), setelah sebelumnya masuk posisi 15 besar dari 200 kota besar dunia.

Kata Anies, Jakarta berhasil mengalahkan kota-kota dunia seperti Kingston (Kanada), Richmond (Amerika Serikat), Bogota (Kolombia), dan banyak lainnya. Sustainable Transport Award (STA) adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

Klaim akun Facebook Almukor Robin yang menyebut Anies Baswedan dinobatkan menjadi Gubernur terbaik dunia adalah salah. pada foto yang dicantumkan itu Anies Beserta 5 pemimpin kota dari Indonesia lainnya turut diundang menghadiri acara tersebut guna memaparkan konsep pembangunan kota berkelanjutan pada forum World Cities Summit 2019 di Kolombia. selain itu juga tidak ada prosesi penobatan pemimpin kota terbaik. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *