Bebas dari Corona, Ini Tips Olahraga di Luar Ruangan

oleh -263 views

JAKARTA-Pandemi Covid-19 memang membuat kita was-was beraktivitas di luar ruangan. Tapi, ini bukan berarti kita tidak bisa sama sekali melakukan aktivitas outdoor. Jogging adalah salah satu kegiatan yang masih bisa dilakukan di tengah pandemi ini.

Namun, ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk memastikan jogging tersebut bebas virus. New York Times melakukan diskusi dengan ahli virus di California, Amerika Serikat, untuk menanyakan keamanan bagi mereka yang ingin menjaga kebugaran tubuh dengan jogging.

Para ahli kesehatan dan ahli virus mengatakan jogging di tengah mewabahnya Covid-19 masih sangat mungkin. Anjuran tinggal di rumah di tengah pandemi ini agar warga tidak melakukan interaksi sosial dan menularkan virus. Namun, jika melakukan kegiatan pribadi seperti jogging atau berjalan kaki dan tidak melakukan kontak dengan orang lain, hal ini masih diperbolehkan.

“Selama Anda berada dalam jarak 1 meter dengan orang lain, Anda bisa berolah raga di luar rumah,” terang pihak komisi kesehatan California kepada NYT.

Karena daya tahan virus Sars-Cov2 di bawah paparan sinar matahari masih belum pasti, maka setiap orang yang ingin beraktivitas di luar ruangan harus memperhatikan hal berikut.

Sebisa mungkin tidak menyentuh tiang, pagar, bangku taman dan benda lainnya. “Jangan lupa untuk selalu menggunakan pembersih tangan dan mencuci tangan setelah memegang benda di ruang publik,” saran Profesor Imunologi dari Yale University School of Medicine Akiko Iwasaki.

Jika harus menggunakan tombol lampu lalu lintas, usahakan menggunakan sarung tangan atau menggunakan siku untuk memencet tombol. Bagi yang ingin minum dari keran di ruang publik, ahli virus dari Colombia University Angela Rasmussen menyarankan untuk membawa botol minum sendiri. “Kita tidak tahu berapa lama virus bertahan di air keran publik. Lebih baik jangan,” ujar Rasmussen.

Sementara itu, Iwasaki menyarankan para ‘jogger’ untuk memilih rute yang tidak begitu ramai. “Untuk menghindari droplet yang keluar dari orang yang berjalan atau lari di depan anda,” ujar Iwasaki.

Melepas sepatu di depan pintu juga sangat disarankan untuk menghindari membawa masuk virus ke dalam rumah.

Bagi mereka yang biasa berolah raga luar ruangan dan sekarang terpaksa tinggal di rumah? Kelly Bowden Davies dari Newcastle University mengatakan setiap individu masih bisa melakukan kegiatan fisik walau harus berdiam di rumah.

“Coba lakukan kegiatan di rumah seperti bersih-bersih atau berjalan keliling di dalam rumah. Beraktivitas tidak harus selalu keluar rumah,” ujar Davies.

Olahraga sederhana seperti push up, sit up, planking, squat jump dan skipping juga bisa dilakukan di dalam rumah. Jika bosan dengan gerakan olahraga ringan tersebut, sejumlah tempat fitnes membuka kelas online yang bisa diikuti kapan saja. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *