Hitung Secara Tepat Umur Pemakaian Standar Aki Mobil Anda

oleh -132 views
Hal lain yang tidak kalah penting untuk mengetahui secara pasti umur pemakaian aki mobil Anda adalah melakukan perawatan atau pengecekan secara berkala. (JawaPos.com)

JAKARTA-Tak jarang bagi mereka yang menggunakan mobil sebagai alat transportasi sehari-hari tak memperhatikan hal ini. Apa itu? Ya, ini terkait dengan kondisi dan umur pemakaian Aki mobil.

Bahkan banyak keluhan kalau aki cepat tekor atau rusak, padahal belum lama melakukan pergantian aki. Hal penting perlu diketahui bahwa tidak ada waktu pasti berapa lama umur aki. Pasalnya ini didasarkan pada beberapa faktor yang mempengaruhi umur aki mobil.

Salah satu diantaranya adalah penggunaanya, biasanya mobil yang sering menempuh jarak jauh mempunyai umur yang lebih panjang. Kok bisa? Hal ini dikarenakan alternator akan mengisi aki dengan arus maksimal ketika putaran mesin di kisaran 2.000 rpm.

Akan tetapi hal di atas bukan berarti disarankan untuk Anda harus kebut-kebutan saat mengemudi. Pada usia aki basah atau kering kisaran 1-2 tahun. Usia ini adalah usia rata-rata mobil dengan pemakaian normal.

Cara menghitung secara tepat umur aki mobil seperti dikutip pada laman Gardaoto adalah sebagai berikut:

Beri Tanggal saat melakukan Penggantian Aki
Karena saat Anda melakukan penggantian aki, sebaiknya mengecek tanggal produksi aki tersebut sebelum membelinya. Kemudian setelah dipasang, jangan lupa untuk memberi tangga penggantian. Ini berguna untuk memudahkan mengecek usia aki mobil Anda.

Sesuaikan Beban Listrik pada Mesin Mobil
Jangan terlalu berlebihan dalam memasang aksesori-aksesori tambahan pada mobil. Pemasangan aksesori berlebihan dapat menambah beban listrik pada mesin mobil. Hal ini akan berdampak pada pendeknya usia aki mobil.

Perhatikan Perawatan Aki
Anda sebagai pemilik mobil sebaiknya juga memperhatikan kondisi aki mobil. Bila Anda menggunakan aki basah, maka harus memperhatikan kondisi air pada aki. Jika jumlah air pada aki basah dibiarkan kurang bahkan sampai kering, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel dalam aki yang mengakibatkan aki cepat rusak dan usia aki akan pendek.

Lakukan Perawatan dan Pengecekan Secara Berkala
Hal lain yang tidak kalah penting untuk mengetahui secara pasti umur pemakaian aki mobil Anda adalah melakukan perawatan atau pengecekan secara berkala.

Saat mobil di servis, tidak ada salahnya Anda juga meminta tolong kepada pihak mekanik untuk mengecek juga kondisi aki mobil. Ini untuk mengetahui kapan Anda harus melakukan penggantian aki.

Semoga tips untuk menghitung umur aki mobil Anda bisa bermanfaat, meskipun tidak ada waktu pasti, umur aki. Namun, dengan Anda memperhatikan dan melakukan tips-tips berikut setidaknya membantu Anda mengetahui kapan Anda harus melakukan penggantian aki mobil dengan tepat. (JP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *