Ini Penyebab Terjadinya Rem Blong Saat Berkendara

oleh -291 views
Perawatan dan pengecekan rem harus rutin dilakukan agar tidak terjadi blong saat berkendara. (Ilustrasi)

JAKARTA-Keberadaan rem pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung faktor keselamatan. Akan tetapi kalau luput dari perhatian dari perawatan dengan benar akan menjadi masalah.

Hal ini dapat membahayakan keselamatan bagi diri sendiri dan juga orang lain. Bahkan ada beberapa kasus yang akar masalahnya berada pada rem mobil yang rusak, sehingga menyebabkan blong (atau tidak berfungsi) saat digunakan. Agar terhindar dari masalah tersebut, ada beberapa sumber permasalahan yang menyebabkan rem blong dan ini harus diwaspadai

Berkurang Minyak pada Rem

Pemakaian minyak pada rem sangat membantu dalam memaksimalkan kinerja rem mobil saat pengereman secara mendadak. Ini sangat berkaitan dengan laju kendaraan yang dibantu oleh minyak untuk menekan piston agar mampu memberikan tekanan pada kanvas. Memastikan kondisi minyak rem sebelum pergi adalah sangat penting untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Terdapat Sumbatan pada Selang Oli Bagian Rem

Tersumbatnya selang oli membuat minyak rem tidak bisa menekan piston. Hal ini disebabkan adanya kotoran yang masuk ketika pengisian minyak rem. Nah, kotoran yang masuk membuat aliran fluida terhambat. Bahkan kotoran bisa berasal dari tangki cadangan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan dan membersihkan saluran oli yang menghubungkan piston secara rutin membuat kinerja rem mobil semakin stabil.

Piston atau Kanvas Mulai Aus

Penggantian piston atau kanvas yang telah aus sangat dianjurkan mengingat keselamatan adalah poin penting ketika harus bepergian jauh. Piston yang sudah aus dapat ditandai dengan bunyi suara kasar atau ngorok ketika menginjak rem mobil. Meskipun pada mobil yang sudah berplat indikator, hal ini sudah biasa. Namun, jangan membuat Anda lengah karena hal sepele sangat berisiko tinggi untuk bisa terjadi kecelakaan di tengah perjalanan.

Kualitas Minyak Rem

Sistem rem mobil terganggu karena adanya kotoran yang menyumbat saluran oli yang mengalirkan fluida untuk menekan piston agar dapat menekan kanvas saat pengereman. Selain adanya tangki tambahan atau cadangan dan proses memasukkan minyak rem, kualitas minyak juga sangat berpengaruh pada kinerja rem mobil.

Minyak rem yang dijual secara murah biasanya mudah mengendap dan menghasilkan kotoran yang mampu menghambat kinerja rem mobil. Penyebab rem mobil blong atau rusak ini perlu diperhatikan, sehingga untuk menjaga keselamatan saat berkendara Anda perlu memilih minyak rem yang berkualitas meskipun harganya terbilang mahal.

Kerusakan pada Seal Piston Master

Salah satu faktor penyebab rem mobil blong atau rusak karena terjadi kerusakan pada seal piston master. Kerusakan pada bagian ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya  kualitas minyak yang tidak sesuai dengan merek dan tipe kendaraan. Atau penggunaan rem yang sudah lama yang perlu diperbarui. Kerusakan ini bisa membuat kinerja rem mobil menjadi blong dan tidak terkendali.

Kebocoran pada Sistem Rem

Sistem rem sangat mempengaruhi kinerja mobil saat melakukan pengereman. Apabila mengalami kerusakan akibat bocor yang terjadi pada master rem dan selang saluran rem membuat kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Tentu saja sebelum bepergian memeriksa kondisi bagian tersebut perlu dilakukan karena penggunaan lama dapat mempengaruhi kinerja dan tingkat elastisitas pada selang rem. Ketika Anda bepergian jauh, beristirahat sejenak sangat diperlukan agar mesin dapat bekerja secara optimal.

Maka dari beberapa hal di atas bagi pengguna kendaraan khususnya roda empat harus selalu melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin untuk sistem kemananan ini. Karena bila tidak akan menyebabkan hal yang sangat fatal hingga kematian. Bahkan juga ini akan melibatkan orang lain sebagai korban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *