Bagi Pemula, Ini 9 Tips Aman Belajar Bawa Mobil

oleh -404 views

JAKARTA-Menyetir mobil bagi pemula acapkali menimbulkan rasa khawatir dan menurunnya rasa percaya diri. Tidak jarang pula ditemukan kasus kecelakaan, hingga membawa korban jiwa karena kelalaian pengemudi yang masih belajar.

Dalam berkendara, diperlukan kewaspadaan, kesabaran dan ketelitian. Kenyamanan dan ketenangan dalam mengemudi, juga diperlukan agar tak terjadi hal yang tak diinginkan di jalanan.

Berikut merdeka.com telah merangkum mengenai tips aman belajar bawa mobil bagi pemula dari berbagai sumber.

1. Memahami Segala Fungsi

Tips aman yang pertama ialah memahami fungsi dari segala alat yang disediakan di kabin mobil. Sebaiknya Anda perhatikan baik-baik berbagai pedal yang terdapat di bawah, dari paling kanan ada pedal gas, lalu rem, dan pedal kopling (bagi mobil manual).

Kemudian pada sisi kiri tempat duduk Anda ada tuas transmisi dan rem tangan. Tuas transmisi untuk mengatur tenaga dan kecepatan mobil, sedangkan rem tangan digunakan ketika Anda parkir atau berhenti.

Setelah memahami pedal seutuhnya, semoga Anda jadi lebih berhati-hati ketika menginjaknya. Lalu fungsi dari alat lain di kabin, seperti cruise control, Electronic Stability Control (ESC), tombol lampu sign, klakson, dan berbagai fitur lain. Jika sudah mengenal semuanya dengan baik, pasti rasa grogi Anda lebih berkurang dari sebelumnya.

2. Memilih Mobil yang Tepat

Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya memilih mobil yang manual dahulu. Sebagai bentuk jaga-jaga dan melatih kemampuan, serta ke depannya bisa menyetir mobil manual maupun matic.

Sebagai ajang belajar menyetir, bisa memilih mobil pick up, karena jangkauan pandangan Anda ke belakang lebih luas. Ketika sudah dirasa lancar dalam mengendalikan, Anda bisa beralih ke mobil mewah lain.

Terutama bagi pemula yang menggunakan mobil matic, lebih berhati-hatilah ketika menginjak pedal, karena Anda cukup bermain gas dan rem.

3. Atur Posisi yang Nyaman

Tips aman belajar bawa mobil bagi pemula selanjutnya menjadi yang sederhana namun sangat penting, yakni mengatur posisi duduk Anda senyaman mungkin. Langkah awal, atur ketinggian jok supaya jarak pandang luas dan tidak terhalang dashboard.

Kemudian sesuaikan jok dengan posisi kaki Anda untuk menginjak pedal, jangan sampai terlalu jauh hingga Anda sulit menjangkau. Perhatikan sandaran jok, pastikan membuat diri Anda nyaman. Punggung sebagai penopang utama ketika menyetir mobil.

4. Mengendarai Perlahan



Setelah Anda memahami fungsi dari setiap alat di kabin, serta mendapatkan posisi duduk yang tepat, tentunya rasa grogi sebagai pemula sudah mulai luntur bukan?

Kendarailah mobil Anda di jalan secara perlahan, supaya lebih waspada dan teliti dengan fitur mobil yang dikendarai.

5. Menguasai Teknik Parkir yang Tepat

Tips bagi pemula berikutnya ialah menguasai teknik parkir yang tepat. Tentunya setelah Anda mulai lihai mengendarai mobil, lanjut dengan melatih teknik parkir supaya tidak mencelakai orang lain.

Apabila Anda menggunakan mobil manual, pertama injak kopling dan masukkan gigi satu atau gigi mundur (sesuai kebutuhan posisi parkir). Perhatikan arah dengan seksama, supaya tidak berputar-putar di satu tempat. Lalu turunkan rem tangan dan lepas pedal kopling secara perlahan, sambil menginjak pedal gas.

Sedangkan pemula yang mengendarai mobil matic, Anda perlu menurunkan rem tangan, masukan gigi ke posisi D ata R (sesuai kebutuhan posisi parkir) dan menginjak gas secara hati-hati.

6. Lebih Fokus dan Tetap Tenang

Tips aman belajar bawa mobil bagi pemula berikutnya, pastikan untuk lebih fokus ke jalanan dan tetap tenang. Perhatikan bahwa pengguna fasilitas jalan bukan hanya diri Anda saja. Kenyamanan itu milik bersama, lebih fokus akan menghindari Anda dari kecelakaan.

Melansir dari showroommobil.co.id, bahwa mengendalikan emosi dan tenang akan membuat fokus dalam mempelajari setiap tuas mobil.

Tetap tenang akan membuat Anda jadi lebih waspada dalam memindahkan gigi, napas yang normal tanpa gugup, dan konsentrasi terjaga. Hindari menyetir sambil bermain smartphone dan bercermin terlalu lama.

7. Sering Menyetir Mobil

Pemula tentunya akan semakin ahli dengan sering menyetir mobil. Semakin lebih aman lagi bila Anda didampingi oleh professional, untuk berjaga-jaga ketika di jalan.

Ketika Anda memiliki waktu luang, sempatkanlah untuk menyetir mobil di tempat parkir, di lapangan, kampus, atau tempat lain yang luas dan sepi.

8. Siaga Rem Ketiga Gas Stabil

Beberapa kasus kecelakaan bisa terjadi ketika sudah merasa paham dengan segala fitur pedal dan kemampuan menyetir. Ketika sudah terlanjur menginjak gas dan menabrak, pengemudi pemula yang sedang belajar jadi gugup dan tidak segera menginjak rem.

Apabila Anda merasa mobil terlalu cepat, lekas geser kaki dan menginjak rem, serta membiarkan kaki kiri tetap berada di pedal kopling. Terutama bagi pemula, fokus untuk membuat mobil lebih lambat atau melaju pelan dengan mengandalkan rem.

9. Tidak Perlu Menyetir Berlebihan

Tips aman bawa mobil bagi pemula yang terakhir yakni Anda tidak perlu menyetir mobil berlebihan hingga terlalu lelah. Beristirahatlah ketika merasa letih, apalagi setelah Anda berkutat dengan kemacetan kota. Badan yang tenang dan tidak lelah tentunya mengembalikan kefokusan Anda dalam berkendara.

Itulah beberapa tips aman bawa mobil bagi pemula yang patut Anda coba. Berhati-hatilah ketika berkendara demi keselamatan diri sendiri dan pengemudi lain, serta bebas dari mencelakai pejalan kaki. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *