Lampaui Italia, Jumlah Kematian Akibat Corona di Inggris Tertinggi di Eropa

oleh -305 views
Gedung parlemen Inggris terlihat di sisi kiri foto ini di ujung Jembatan Westminster yang sepi pada 24 Maret 2020, ketika Inggris mulai memberlakukan karantina wilayah untuk mencegah penularan virus corona. ( Foto: AFP )

LONDON-Inggris telah melampaui Italia dalam jumlah kematian akibat wabah virus corona sehingga menjadi yang paling tinggi di Eropa, dan kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Total kematian di Inggris akibat penyakit ini sebanyak 29.427 orang pada Selasa (5/5/2020) waktu setempat, sementara di hari yang sama Italia melaporkan total korban jiwa 29.315 orang.

Inggris memiliki populasi 66 juta orang, sementara Italia sekitar 60 juta orang, sehingga rasio tingkat kematian dibandingkan jumlah penduduk tetap lebih tinggi di Italia.

Dua negara tersebut menghitung korban jiwa Covid-19 dari kasus-kasus positif saja, sementara kasus kematian pasien dalam pengawasan (PDP) tidak dihitung.

Karena itu, seberapa banyak jumlah tes dilakukan juga menentukan angka yang sebenarnya. Pengujian diagnostik di Inggris lebih banyak dari Italia kalau dihitung per hari. Namun, Italia yang lebih dulu menerapkan lockdown memiliki jumlah pengujian lebih banyak secara total, yaitu 2,2 juta berbanding 1,3 juta di Inggris. (BBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *