Korea Utara Ledakkan Bom dekat Kantor Penghubung antar-Korea di Perbatasan Kaesong

oleh -100 views
Asap terlihat dari Kaesong, kota di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan, pada 16 Juni 2020. Korea Utara disebut sudah meledakkan kantor penghubung dengan Korsel di Kaesong. (Yonhap via AP)

JAKARTA-Korea Utara (Korut) meledakkan bom ke dekat kantor penghubung antar-Korea di perbatasan Kaesong, pada Selasa (16/6). Korea Selatan (Korsel) mengancam akan membalas tindakan provokasi Korut.

Para saksi melaporkan ledakan keras diikuti oleh gumpalan asap terjadi di dekat bangunan kantor penghubung empat lantai di Kota Kaesong. Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola pemerintah menyatakan bahwa kantor tersebut “secara tragis hancur dengan ledakan hebat”.

Kementerian Unifikasi Korsel mengonfirmasi bahwa bangunan yang secara tidak langsung menjadi kedutaan de facto itu, diledakkan dan dihancurkan oleh Korut sekitar pukul 14.50 waktu setempat.

Kepada Reuters, seorang sumber militer Korsel mengatakan bahwa ada tanda-tanda pembongkaran kantor penghubung dua Korea yang akan terjadi pada hari sebelumnya, dan para pejabat militer Korsel menyaksikan secara langsung ketika bangunan itu meledak. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *