Rumah Batu Olak Kemang Peninggalan Pangeran Wirokusumo

oleh -538 views
Rumah Batu (jambiindependent.com)

Kondisi Rumah Batu Olak Kemang, Kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, merupakan jejak sejarah Kesultanan Jambi peninggalan Datuk Said AL- Djufri atau Pangeran Wirokusumo dilaporkan semakin memperihatinkan karena tidak terurus dengan baik.

Kondisi bangunan tua memiliki ciri khas dari Cina, Eropa, dan Arab yang menjadi salah satu objek wisata di Provinsi Jambi itu terkendala direnovasi, akibat tidak masuk dalam aset pemerintahan melainkan masih menjadi tanggungan ahli waris. 

“Bukan aset kita, nanti pertanggungjawaban keuangannya agak repot nanti, kalau bukan aset pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbud, kalau mau di pugar perlu hati-hati,” kata Ketua Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi Iskandar Mulia Siregar dalam keterangannya, Sabtu (20/6/2020).

Pihak lain, Anggota DPD RI Dapil Provinsi Jambi Sum Indra mengaku, tidak mengetahui perkembangan kondisi rumah batu.

Meski demikian, anggota Komite III DPD RI membidangi Kebudayaan dan Pariwisata ini memastikan, segera melakukan tinjuan lokasi untuk selanjutnya menjadi bahan pembahasan di DPD RI.

“Jujur saya belum lihat rumah batu itu perkembangannya seperti apa, nanti saya sempatin untuk liat menanyakan perkembangannya, kemudian baru kita bahas lagi,” ujar Indra yang juga mantan Wakil Walikota Jambi (2008-2013), ini. 

 Rumah Batu sudah ditetapkan sebagai cagar budaya melalui Surat Keputusan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 572/C.I/F5/1981.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *