Pekerja Pertamina Mogok, KSAD Kerahkan Operasi Militer Selain Perang

oleh -241 views
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto/ANTARA

JAKARTA-Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memerintahkan Kapusbekangad Mayjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo untuk melakukan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Langkah itu dilakukan karena sejumlah karyawan PT Pertamina mogok kerja dan enggan mengangkut bahan bakar.

Dalam OMSP ini, pasukan Batalion Bekang 3/Rat dikerahkan untuk mengemudikan truk tanki bahan bakar di Balongan, Indramayu, Jakarta Pusat.


“Pada aksi mogok karyawan PT. Pertamina yang terjadi di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, TNI AD mengerahkan 51 prajurit Batalion Bekang 3/Rat dalam menyalurkan bahan bakar sebanyak 3.090 liter,” ujar Kapusbekangad dalam keterangan yang dikutip pada Kamis (23/7).

Hal ini dirasa perlu dilakukan, pasalnya aksi mogok yang diperkirakan akan berjalan selama empat hari tersebut, akan berdampak buruk pada perekonomian nasional serta operasional masyarakat.

“Rencananya, kami mempersiapkan untuk empat hari aksi mogok, namun pada hari keempat, para karyawan sudah menyerah (kembali bekerja), sehingga kami hanya membantu selama tiga hari,” tambahnya.

Bantuan yang diberikan oleh TNI AD merupakan sebuah kewajiban setiap prajurit untuk menjalankan OMSP terutama dalam menjaga ekonomi nasional tetap kondusif.

“Tugas yang kami lakukan kemarin merupakan upaya memenuhi undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 dalam melaksanakan OMSP. Salah satu tugasnya adalah membantu pemerintah daerah,” lanjut Kapusbekangad. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *