Disebut Terpapar Positif Covid-19, Ini Kata Novel Baswedan

oleh -50 views
Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan melambaikan tangan saat menghadiri acara penyambutan dirinya kembali aktif bekerja di pelataran gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). Kegiatan itu sekaligus diselenggarakan untuk memperingati 16 bulan kasus penyerangan Novel Baswedan yang belum menunjukkan titik terang. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/kye/18

JAKARTA – Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan positif terpapar COVID-19. Hal itu terungkap berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan KPK terhadap sejumlah pegawai, Kamis (27/8).

Pelaksana Tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan, Novel menjadi salah satu penyidik yang dinyatakan positif terpapar COVID-19. Selain Novel, terdapat tiga penyidik lain yang turut dinyatakan positif COVID-19.

“Benar (Novel Baswedan) informasi yang kami terima merupakan salah satu penyidik yang berdasarkan test swab diketahui positif Corona,” kata Ali ketika dikonfirmasi, Jumat (28/9).

Dijelaskannya, pada Kamis (27/8), KPK melalui poliklinik internal dan RSPAD Gatot Subroto melakukan tes swab terhadap 194 pegawai, termasuk di antaranya pegawai yang bertugas di Kedeputian Penindakan. Tes swab dilakukan di Gedung Juang KPK, Kuningan, Jakarta.

Per Jumat (28/8), ditemukan sedikitnya 13 pegawai, 10 pegawai outsourcing, dan seorang tahanan KPK terpapar COVID-19. Sehingga, total ada 24 orang di Kantor KPK yang positif COVID-19.

“KPK telah mengambil langkah terhadap para pegawai yang telah terkonfirmasi positif dengan dilakukan isolasi mandiri dan telah dalam pemantauan layanan kesehatan tempat tinggal terdekat,” ungkap Ali.

Dikonfirmasi terpisah, Novel mengaku merasa baik-baik saja meski dinyatakan positif COVID-19. Ia mengaku tak merasa gejala apapun.

“Iya (dikatakan positif COVID-19), Alhamdulillah merasa sehat,” kata Novel.

Dalam video yang diunggah ke Instagram pribadinya @novelbaswedanofficial, ia menjelaskan mulanya terdapat sejumlah penyidik yang positif terpapar COVID-19. Maka, kata dia, KPK lantas melakukan tes swab kepada sejumlah pegawai.

Ia lantas menerima pemberitahuan bahwa dirinya positif COVID-19. “Walaupun secara fisik saya merasa sehat tidak ada gejala apa-apa dan saya tidak merasakan sesuatu hal yang apapun,” ucapnya.

Meski demikian, Novel langsung memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah hingga waktu yang tak ditentukan. Hal ini, menurut dia, agar penyakit yang ada pada dirinya tidak menular ke orang lain.

Ia pun mengajak masyarakat untuk senantiasa menaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19 seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan orang lain.

“Semoga kita semua terlindung dari penyakit ini, semoga pandemi ini segera berakhir dan semoga Allah memberikan perlindungan terbaik bagi kita semua,” tutupnya.

Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap mengatakan Novel bakal melakukan tes swab ulang di kediamannya hari ini. Yudi mendapat informasi bahwasanya kondisi Novel Baswedan kini sehat walafiat.

“Pada hari ini bang Novel akan melakukan tes swab ulang beserta dengan keluarganya di rumah kediaman beliau,” kata Yudi.

Yudi mengatakan Novel Baswedan tidak akan bekerja selama menjalani isolasi mandiri. Ia berharap Novel bisa cepat kembali ke KPK untuk melakukan tugasnya memberantas korupsi.

“Tentu kami prihatin dengan apa yang terjadi, karena untuk sementara berarti bang Novel tidak bekerja dulu,” tutur Yudi. (riz/gw/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *