Aksi 1310, 500 Orang Diamankan Termasuk Kelompok Anarko

oleh -66 views
Petugas kepolisian mendata pelajar yang diamankan saat akan mengikuti aksi unjuk rasa di Mapolres Tangerang, Tangerang, Banten, Selasa (13/10/2020). Petugas mengamankan ratusan pelajar yang akan mengikuti aksi di Istana Merdeka Jakarta. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz

JAKARTA-Kerusuhan massa diduga dari kelompok anarko pecah, setelah aksi unjuk rasa ANAK NKRI bubar, di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Sementara ini tercatat 500 orang diamankan polisi, termasuk kelompok anarko.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, pada saat ANAK NKRI menggelar aksi unjuk rasa, ada sekitar 6.000 massa di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, siang tadi. 4.000 orang merupakan massa ANAK NKRI, dan 2.000 massa cair yang menonton demo, mahasiswa dan pelajar.

“Pelajar ini ada yang STM dan SMU yang selama ini kita sebut anarko. Aksi berjalan lancar dari jam 1 (siang) sampai jam 4 (sore) dan kami memang sudah ada kesepakatan selesai jam 4. Ketika ANAK NKRI selesai mereka kembali, anak-anak anarko inilah kemudian bermain,” ujar Nana, di Jakarta, Selasa (13/10/2020).

Dikatakan Nana, ada sekitar 600 orang diduga kelompok anarko berupaya memprovokasi. “Awalnya kita bertahan tidak terpancing, tapi mereka terus melempari. Kemudian dalam kondisi itu kami melakukan pendorongan dan penangkapan,” ungkapnya.

Nana menyampaikan, ada sekitar 500 orang yang ditangkap di sejumlah wilayah hukum Polda Metro Jaya, hingga Selasa sore.

“Sampai saat ini sekitar 500 orang yang kita tangkap, termasuk anarko yang ada di wilayah. Anarko, anak-anak pelajar ini yang seharusnya mereka belajar malah mengikuti aksi ini,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *