Begini Dampak Facebook dan WhatsApp terhadap Ekonomi Masyarakat Indonesia

oleh -57 views
Banyaknya informasi berkenaan dengan virus corona di media sosial sekarang mendapat perhatian dari pengelola media sosial seperti WhatsApp. Facebook, Twitter dan YouTube. (AP: Patrick Sison)

JAKARTA-Vice President Facebook untuk Asia Tenggara, Benjamin Joe, memaparkan hasil penelitian yang dilakukan pihaknya untuk mengukur pengaruh aplikasi Facebook, Faceboom Mesenger, Instagram, dan WhatsApp terhadap keadaan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Pemaparan yang dilangsungkan dalam gelaran Facebook Indonesia Summit 2019 ini menjabarkan bahwa sebesar 92% pelaku bisnis menggunakan platform media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk berinteraksi lebih dalam dengan pelanggannya.
 
Sementara itu, 89% responden mengakui adanya perkembangan bisnis dan ekspansi melalui aplikasi tersebut.

“Bagi para pelaku UKM, sebesar 75% responden mengaku bisa mengurangi biaya pemasaran dan mencapai peningkatan konsumen sampai 92%. Platform kami juga mampu mengolah proses operasional bisnis lebih efisien sebesar 71% berdasarkan suara responden,” tutur Benjamin di Jakarta, Rabu (16/10) mengutip Kontan. 

Facebook Indonesia sendiri sejak 2018 juga telah meluncurkan program Ekosistem Hub, dimana komunitas sosial yang berada di sektor industri teknologi dapat bergabung.

Secara singkat, Facebook memaparkan jika program tersebut bertujuan untuk memberi dukungan terhadap komunitas industri agar terus berkembang, baik di ranah online maupun offline. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *