Ini Alasan Tidak Perlu Malu Beli Barang Bekas

oleh -44 views

JAKARTA-Salah satu cara untuk menekan pengeluaran, menyelamatkan lingkungan, sekaligus memuaskan hasrat belanja adalah dengan membeli barang-barang bekas atau second hand atau preloved.

Sekarang belanja preloved bukan lagi suatu hal yang aneh atau memalukan. Tidak jarang barang-barang bekas ada dalam keadaan hampir seperti baru. 

Selain murah, alasan apalagi yang membuat orang berburu barang bekas dibandingkan membeli barang baru? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut alasan barang bekas menjadi lebih menarik daripada barang baru:

Harga lebih murah
Alasan pertama orang mempertimbangkan membeli barang bekas dibandingkan barang baru adalah soal harga. Semua orang paham betul bila barang preloved selalu dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga barang baru di toko. 

Meski barang tersebut telah dipergunakan oleh pemilik lama dengan kurun waktu tertentu, selama kondisi barang masih bagus dan layak untuk dipakai,tentunya tidak menjadi masalah.

Pengalaman seru
Berburu barang preloved merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi, kalau harus berburu secara offline. Biasanya, hasrat untuk mendapatkan barang preloved impian pun semakin tinggi. 

Barang bekas yang tergolong langka biasanya mudah sekali terjual bahkan sampai berebutan. Keseruan dalam berburu barang preloved ini dipercaya bisa menghilangkan stres.

Hemat
Membeli barang baru apalagi barang bermerek tentu harus merogoh kocek lebih dalam. Berbelanja barang preloved bisa membantu menghemat uang. Rata-rata harga barang bekas dijual hampir separuh harga.

Mudah dicari
Berbelanja barang bekas atau preloved secara online lebih mudah untuk mendapatkan barang yang dicari. Tinggal ketik keyword pada kolom pencarian di situs berjualan barang preloved tersebut. 

Biasanya barang bekas yang dijual tersebut dijelaskan secara detail dan lengkap, mulai dari jenis barang, warna, merek sampai kondisi barang tersebut. 

Masa pakai tidak lama
Biasanya, alasan orang membeli barang preloved karena masa pakai barang yang hanya sebentar. Misalnya stroller, mainan, box bayi, dan lain sebagainya yang biasanya tidak terlalu lama penggunaannya.

Kualitas sama 
Kualitas juga menjadi pertimbangan atau alasan mengapa orang memilih membeli barang bekas. Barang original bekas bisa dikatakan kualitasnya sama dengan barang asli yang baru. Hanya saja, masa pemakaian barang saja yang membedakannya. 

Namun, secara fungsi ataupun kinerja barang tersebut bisa dibilang tidak ada bedanya dengan barang original baru. Oleh sebab itu, saat membeli barang bekas, pastikan mendapatkan informasi terkait sejarah dan deskripsi singkat dari barang preloved yang akan dibeli.

Barang bermerek
Salah satu keuntungan membeli barang preloved adalah bisa mendapatkan barang-barang bermerek dengan harga yang lebih terjangkau dan kondisi barang masih bagus.

Unik dan langka
Tidak akan pernah tahu apa yang akan ditemukan saat berburu barang preloved. Bisa saja menemukan barang-barang langka tapi unik. Berbelanja barang bekas bisa menjadi solusi dalam menemukan barang unik dan langka dengan cara yang jauh lebih mudah dan dengan harga taksiran yang juga lebih terjangkau.

Membantu orang lain
Beberapa toko atau bazaar barang bekas menggunakan keuntungan dari penjualan sebagai donasi. Jika membeli di tempat tersebut, berarti tidak hanya menghemat pengeluaran dan mengurangi limbah tapi juga turut membantu orang lain.

Tak ketinggalan tren
Saat membeli pakaian bekas tidak perlu khawatir akan ketinggalan zaman. Tren fashion terus berputar dengan cepat. Beberapa tahun lagi, dapat dipastikan tren itu akan kembali. 

Berbeda dengan dulu dimana pakaian diproduksi untuk jangka waktu yang lama dan bisa dikenakan selama bertahun-tahun, industri fashion saat ini lebih cepat berputar.

Ramah lingkungan
Dengan membeli barang bekas, artinya berpartisipasi dalam upaya mengurangi peredaran barang baru. Selain itu, dengan membeli barang bekas, berarti menggunakan barang kembali. 

Sehingga, bisa mencegah barang tersebut menjadi sampah yang bisa mencemari lingkungan. Sebab terdapat barang-barang tertentu yang mempunyai waktu daur ulang alami yang tidak sebentar.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *