Ucapan Selamat Kepada Joe Biden-Kamala Harris, Jokowi hingga Obama

oleh -68 views

JAKARTA-Sejumlah pemimpin dunia langsung memberikan ucapan selamat kepada Joe Biden-Kamala Harris sebagai presiden dan wakil presiden terpilih Amerika Serikat (AS). Di mana keduanya berhasil mengungguli perolehan suara dari capres petahana Donald Trump.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyampaikan ucapan selamat pada Joe Biden dan Kamala Harris yang memenangkan Pilpres AS. Jokowi berharap Biden dapat mempererat kerja sama antara Indonesia dengan AS.

Ucapan selamat itu diunggah Jokowi pada laman twitter pribadinya @jokowi, dengan menyertakan foto dirinya yang disambut Biden pada 27 Oktober 2015. Kala itu, Biden masih menjabat sebagai Wakil Presiden AS mendampingi Barrack Obama sebagai Presiden AS.

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau juga menyampaikan selamat kepada Biden dan wakilnya, Kamala Harris, atas kemenangan dalam pilpres tahun ini. Dirinya mengatakan “benar-benar menantikan” bekerja sama dengan Biden dan menggarisbawahi hubungan dekat antara kedua negara.

Hal yang sama juga disampaikan Kanselir Jerman, Angela Merkel yang ikut menyelamati Biden. “Saya menantikan kerja sama di masa mendatang dengan Presiden Biden. Persahabatan lintas-atlantik kita tidak tergantikan jika kita ingin menguasai tantangan terbesar pada era kita,” ucap Merkel, seperti dilansir CNN International.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dalam ucapan selamatnya juga mengajak Biden dan Harris untuk bekerja bersama menghadapi tantangan dunia.

PM Inggris, Boris Johnson, juga menyelamati Biden atas kemenangannya dan menyebut AS sebagai sekutu paling penting. Johnson diketahui menjalin hubungan baik dengan Trump selama masa kepresidenannya dalam empat tahun terakhir.

“Selamat kepada Joe Biden atas terpilihnya dia sebagai Presiden Amerika Serikat dan kepada Kamala Harris atas pencapaian bersejarahnya. AS merupakan sekutu paling penting kita dan saya menantikan bekerja secara erat bersama menghadapi prioritas bersama kita, dari isu perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan,” imbuhnya.

Mantan Presiden AS Barrack Obama juga menyampaikan ucapan selamat kepada koleganya tersebut. Di mana Joe Biden pernah menjadi Wapres AS selama dua periode bersama Obama.

“Saya sangat bangga mengucapkan selamat kepada presiden kita berikutnya, Joe Biden, dan ibu negara kita berikutnya, Jill Biden,” kata Obama.

Obama juga berpesan, bahwa tugas Biden tidaklah mudah, banyak tantangan besar yang akan menanti ketika Biden kembali menginjakkan kaki di Gedung Putih. Namun, Obama yakin Biden bisa melakukan pekerjaan sebagai presiden dengan baik bagi setiap warga AS.

“Karena ketika dia masuk ke Gedung Putih pada bulan Januari, dia akan menghadapi serangkaian tantangan luar biasa yang tidak pernah dimiliki oleh presiden yang akan datang – pandemi yang mengamuk, sistem ekonomi dan peradilan yang tidak setara, demokrasi yang berisiko, dan iklim yang terancam,” ungkap Obama. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *