Prabowo Subianto Bungkam Soal Kepulangan Habib Rizieq Shihab, Begini Tanggapan Refly Harun

oleh -309 views

JAKARTA-Pemerhati politik Refly Harun menanggapi bungkamnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto soal kepulangan imam besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab.

Refly Harun menilai Prabowo Subianto menjadi tumpuan harapan menyelesaikan permasalahan Pemerintah Indonesia dengan Habib Rizieq Shihab, termasuk kepulangan HRS ke tanah air.

“Mungkin banyak yang berharap ketika Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan, hal yang dia lakukan adalah melobi Jokowi sebagai orang nomor satu agar dapat mengembalikan bahkan menjemput Habib Rizieq dari Arab Saudi atau Saudi Arabia,” ucap Refly Harun dikutip dari akun Youtubenya dengan judul ‘Habib Pulang, Prabowo Diam’, Senin (9/11/2020).

Menurutnya, rencana HRS pulang sebenarnya tidak sulit, akan tetapi ada pihak-pihak yang secara tersembunyi menghalangi rencana kepulangannya.

“Karena sesungguhnya tidak ada halangan untuk mengembalikan Habib Rizieq ke sini seandainya tidak ada the invisible hands, tangan-tangan tidak terlihat menghalanginya,” kata dia.

Refly Harun beranggapan masalah administrasi overstay yang dialami Habib Rizieq seharusnya bisa mudah diatasi pemerintah karena tidak ada pelanggaran pidana yang menyertai HRS.

“Karena masalahnya di Arab Saudi hanya overstay hal yang mudah diatasi. Paling masalahnya denda karena hanya pelanggaran administratif bukan pidana, dan denda itu bisa dibayarkan simpatisan Habib Rizieq atau FPI, bahkan tidak menutup kemungkinan Pemerintah Indonesia yang menalanginya sebagaimana pemerintah peduli dengan TKW yang dihukum mati karena melakukan tindak pidana,” ujarnya.

Dan ia pun berharap kepulangan HRS ini membawa angin segar untuk Indonesia. Refly Harun juga menyebut jika sekarang Prabowo Subianto kini telah menjadi anak emas pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Memang konstelasi politik bisa ke arah macam-macam. Prabowo misalnya, saya katakan justru sekarang sudah menjadi anak emas bagi pemerintah sekarang, baik bagi Presiden Jokowi maupun Megawati sebagai Ketum PDIP,” kata dia.

Prabowo Subianto menurut Refly Harun gamang menentukan sikapnya, termasuk gamang bagaimana bersuara tentang kepulangan HRS.

“Karena sederhana, mereka yang bergembira yang mendukung kepulangan HRS dianggap mereka yang kontra terhadap pemerintahan Jokowi,” katanya.

Ia pun sangat berharap HRS pulang ke tanah air dan memberikan nuansa baru serta terjadinya revolusi akhlaq. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *