Mendadak Naik Daun, Ini 5 Jenis Tanaman Alocasia Paling Banyak Diincar

oleh -407 views
Tanaman hias Alocasia (Foto: Instagram/@plant_studies)

JAKARTA-Ada beberapa jenis tanaman hias mendadak naik daun dan viral hingga terus-menerus jadi perbincangan. 

Mulai dari aglaonema, janda bolong, philodendron, calathea, keladi, hingga alocasia. Kini, tanaman alocasia jadi salah satu tanaman favorit unruk menjadi hiasan di rumah. Alocasia masih satu keluarga dari Araceae atau umbi-umbian yang memiliki beberapa varietas yang bentuknya unik dan cantik.

Dilansir kanal YouTube mamanina nov, terdapat 5 jenis Alocasia yang menjadi incaran para pecinta tanaman hias. Berikut 5 tanaman alocasia paling mewah dan unik:

1. Alocasia Black Velvet

Alocasia Black Velvet (Foto: Instagram/@chacaratropical)

Alocasia black velvet memiliki corak, bentuk, dan warna daun yang memiliki daya tarik tersendiri. Harga tanamannya bisa melambung tinggi mencapai jutaan hingga ratusan juta tergantung jumlah daunnya. Maka dari itu, menanam alocasia bisa menjadi peluang bisnis. 

Alocasia jenis ini memiliki ciri khas, yaitu lapisan seperti beludru atau lapisan velvet di bagian permukaan daun. Garis-garis tulang tegas berwarna silver membuat Alocasia jenis ini semakin cantik. Daunnya cenderung keras dan batangnya pendek dan lunak.  Warna daunnya hijau agak kehitaman. Daunnya tebal dengan lebar sekitar 10 hingga 15 cm dan panjang 20 cm. 

2. Alocasia Cuprea

Alocasia Cuprea (Foto: Instagram/@lolaflora.roslinna)

Alocasia Cuprea memang menarik perhatian karena daunnya seperti gambar hati. Saat baru tumbuh, daun Alocasia Cuprea mengkilap bak metalik. Tanaman ini terbilang mahal lantaran dijual seharga Rp170 ribu untuk dua daun hingga Rp1,3 juta untuk daun yang sudah rimbun.

Banyak juga yang menyebut Alocasia Cuprea sebagai Keladi Tengkorak. Ciri khas dari Alocasia Cuprea adalah daun dengan semburat warna silver semakin kentara apabila terkena paparan sinar matahari. 

3. Alocasia Black Infernalis

Alocasia Black Infernalis (Foto: Instagram/@goolali)

Alocasia Black Infernalliss cirinya berwarna hitam dan agak susah ditemukan spesies dari Kalimantan. Alocasia jenis ini susah ditemukan. Daun dari Alocasia Black Infernalis berwarna kehitaman sesuai dengan namanya. Jika dilihat dari marketplace, harga Alocasia Black Infernalis dijual mulai dari Rp200 ribu-Rp1 jutaan tergantung ukurannya.

4. Alocasia Cucullata

Alocasia Cucullata (Foto: Instagram/@thecoolplantshop)

Alocasia Cucullata dianggap membawa keberuntungan dan ditemukan di Thailand dan Laos. Ciri khas dari Alocasia Cucullata memiliki daun warna hijau mengkilap dan indah dihiasi dengan urat-urat tebal yang menonjol disisi bawah daun dan tepi daun bergelombang.

Daunnya unik berbentuk hati dan batang yang menjadi perbedaan dengan Alocasia yang lainnya. Pada bagian akar terdapat umbi yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit tertentu. Jika dilihat dari marketplace, harganya dimulai dari Rp75 ribu hingga Rp1,2 jutaan tergantung ukurannya.

5. Alocasia Frydek

Alocasia Frydek (Foto: Instagram/@marinanam.id)

Alocasia Frydek atau Alocasia bludru hijau termasuk tanaman yang susah ditemukan atau dibeli. Ciri-ciri dari tanaman Alocasia jenis ini adalah daunnya berwarna hijau tua dengan urat lebih sempit. Uniknya, tulang dari daun bisa menyala dalam gelap atau glow in the dark. Alocasia jenis ini bisa tumbuh sangat besar tergantung bagaimana cara kamu merawatnya. Jika dilihat dari marketplace, harga Alocasia Frydek dibanderol mulai dari Rp200 ribu hingga Rp1,3 jutaan tergantung ukurannya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *