Aplikasi Instagram Hadirkan Fitur Tab Baru Reels dan Shop

oleh -50 views
Ilustrasi/Net

JAKARTA – Instagram kini secara resmi telah menghadirkan tampilan baru untuk pengguna Indonesia. Jika dilihat, terdapat tab baru Reels dan Shop di bagian bawah laman Home.

Dengan menghadirkan tampilan baru ini, Instagram berdalih agar sesuai dengan tren audiens mereka. Namun, tidak sedikit pengguna yang mengira bahwa media sosial tersebut akan berubah menjadi e-commerce, karena begitu niat menampilkan tab Shop di platform-nya.

Sebelumnya, pada 2010, Instagram diketahui muncul hanya sebagai platform media sosial untuk membagikan foto dan video dengan teman dekat, keluarga maupun publik.

Namun seiring waktu, aplikasi ini telah berfungsi sebagai fondasi bagi influencer media sosial untuk meningkatkan popularitas dan ketenaran mereka. Kini, Instagram berupaya untuk melayani jenis kreator yang berbeda.

Tab Reels sebagai tempat di mana orang dapat berbagi kreativitas mereka dengan dunia dan memiliki kesempatan untuk keluar dan menemukan audiens,” ungkap Head of Instagram Adam Mosseri dalam postingan blog resmi Instagram seperti dikutip dari The Verge, Minggu, 22 November.

Mosseri menambahkan, dengan tab Shop, Instagram berharap dapat membantu pembeli mendapatkan inspirasi dari kreator favorit mereka dan mendukung bisnis kecil. Terlebih, ia juga meyakinkan desain baru ini memberikan penyegaran penting pada aplikasi.

Perlu diketahui, Reels adalah fitur Instagram yang memulai debutnya pada Agustus 2020. Ini memungkinkan pengguna merekam dan mengedit video berdurasi 30 detik dengan audio, efek, dan opsi kreatif lainnya seperti TikTok.

Pengguna Instagram dapat memilih Reel di bagian bawah kamera Instagram, kemudian memanfaatkan alat pengeditan dan alat lain seperti AR Effects atau Speed untuk membantu membuat konten.

Sedangkan Shop, merupakan fitur baru lainnya untuk Instagram tahun ini. Fitur Shop akan menawarkan koleksi dan produk terbaru dari merek besar maupun bisnis kecil. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *