Inilah 5 Pantai Rekomendasi Susi Pudjiastuti

oleh -55 views
Susi Pudjiastuti. (Foto: Istimewa)

JAKARTA-Susi Pudjiastuti, mantan menteri kelautan dan perikanan Indonesia periode 2014-2019, belum lama ini mengungkapkan rahasia pantai paling indah dan damai versinya kepada Tiket.com dalam sebuah bincang-bincang santai. Susi, yang kerap dijuluki sebagai Sang Ratu Laut Indonesia membeberkan lima pantai yang memiliki arti spesial di hatinya.

“Saya belum pernah kasih tahu informasi ini ke siapa-siapa. Yang kenal saya pasti tahu, saya gemar mengunjungi pantai-pantai ini. Selain pantai-pantai ini belum diketahui banyak orang, destinasi ini juga memiliki arti khusus di hati. Ada memori dan nostalgia di setiap pantai yang saya rekomendasikan. Semoga keluarga Indonesia yang tengah merencanakan liburan bisa terinspirasi dari rekomendasi saya,” ujar Susi dalam siaran pers, Jumat (20/11).

Namun dia mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Susi memaklumi jika ada masyarakat yang sangat ingin pergi berlibur untuk melepas penat di tengah kondisi seperti ini, asalkan tetap waspada dan menjaga kenyamanan antar wisatawan.

“Pastinya kita sudah sangat ingin liburan, dan itu adalah keinginan yang normal. Hanya saja tolong mawas diri dan terus menjaga kenyamanan sesama turis dan wisatawan yang tengah berlibur dengan terus menerapkan protokol kesehatan dimanapun kita berada. Dengan semakin tertib menjalankan protokol tersebut, maka semakin cepat pula kita dapat keluar dari pandemi ini,” katanya.

Berikut ini 5 pantai rekomendasi Susi Pudjiastuti:

1. Pangandaran, Jawa Barat
Kampung halaman Susi Pudjiastuti ini menyimpan segudang memori indah. Beberapa pantai yang direkomendasikan adalah Pantai Batu Karas di Cijulang, Pantai Batu Hiu di Parigi, dan Pantai Keusik Luhur di Sidamulih. Penduduk Pangandaran pasti merekomendasikan pantai-pantai ini untuk melepas stres sembari menikmati karya alam pemandangan yang spektakuler.

2. Kepulauan Kei, Maluku
Berada di bagian utara provinsi Maluku, Kepulauan Kei adalah salah satu pulau hidden gem di bumi nusantara. Menyimpan sejuta pesona, belum banyak turis yang datang ke kawasan terpencil ini sehingga masih sangat bersih. Terdiri dari Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil, wisatawan dapat menikmati pemandangan hamparan langit cerah dan lautan biru damai dengan pasir putih halus.

3. Pantai Koka, Nusa Tenggara Timur (NTT)
Liburan sejenak menikmati ultimate sweet escape sendiri dari hiruk pikuk perkotaan yang bising? Anda pasti dapat merasakan damainya liburan di Pantai Koka. Kemungkinan bagi turis untuk bertemu dengan sesama turis lain sangat minim, kecuali warga setempat. Di pantai ini terdapat dua pantai yang sama-sama cantik, terpisahkan oleh sebuah tebing kecil di tengahnya – sehingga menambah pesona dramatis untuk indera visual.

4. Pulau Misool, Papua Barat
Salah satu dari empat pulau utama di Raja Ampat yang tersohor di seluruh dunia, Pulau Misool dikelilingi air laut jernih sehingga pandangan jernih hingga 30 meter di bawah permukaan laut. Berbagai spot menarik di Pulau Misool adalah Goa Keramat, Goa Tengkorak, Telapak Tangan Sumbayo, Puncak Harfat, Yapap, Danau Ubur-Ubur, Pantai Namlol, Puncak Balbulol, dan yang paling indah adalah Karawapop atau yang biasa disebut dengan Telaga Love.

5. Pulau Sangalaki, Kalimatan Timur
Kalimantan Timur mungkin terkenal dengan Pulau Derawan, tapi tidak hanya itu saja, Pulau Sangalaki memiliki dunia bawah laut yang menawan. Terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, panorama bawah laut pulau ini banyak mengundang para penyelam dari seluruh dunia. Beberapa titik bawah laut menakjubkan adalah Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue, Eel Ridge, Lighthouse, dan The Rockies.

Co-Founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa menyatakan setuju dengan pilihan Susi karena Indonesia terkenal dengan pantai lokal nan indah yang belum terekspos. Oleh karena itu, Tiket.com menggelar sejumlah kampanye untuk mengajak masyarakat menejelajahi destinasi lokal guna membangkitkan roda ekonomi melalui pariwisata Indonesia, khususnya membantu para pekerja wisata di masa pandemi. Salah satunya adalah makin menggencarkan kampanye Tiket.com yang berjudul “Senyum Indonesia”.

Kampanye Senyum Indonesia adalah sebuah program yang memiliki kunci pesan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar bersama-sama dengan Tiket.com untuk kembali menghadirkan senyum bagi para pekerja wisata di masa pandemi. Hal ini karena industri pariwisata menyokong barisan sektor dan sub-sektor yang mata pencaharian utamanya berasal dari pemasukan tempat wisata.

“Ketika kita mendengar kata pariwisata, yang pertama kali muncul di benak adalah akomodasi dan transportasi. Tetapi peta pariwisata nasional lebih kompleks karena terdapat pekerja informal seperti warung makan, pedagang suvenir, penyewa transportasi, jasa pemimpin tur, pelatih diving atau snorkeling di destinasi wisata bahari, dan masih sangat banyak lagi. Itulah sebabnya Tiket.com memusatkan perhatian untuk mengajak bersama-sama membantu memulihkan semua sektor di bawah industri pariwisata nasional,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *